PIJAT LAKTASI

PIJAT OKSITOSIN

Pijat oksitosin, mungkin ada beberapa atau banyak orang belum mengetahui atau mendengar pijat oksitosin. Pijat oksitosin atau biasa disebut juga pijat laktasi ini mempunyai fungsi atau manfaat dalam proses menyusui, dapat menjadikan produksi ASI menjadi lancar, sehingga kebutuhan ASI untuk bayi pun akan tercukupi, hal ini juga akan berdampak positif terhadap keberhasilan menyusui dan ASI ekslusif.
Ada kalanya ibu cemas atau khawatir akan produksi atau ASI yang di keluarkannya cukup atau tidak, sehingga tersugesti untuk memberikan susu formula terlalu dini. Justru dengan rasa cemas dan tidak percaya diri ini lah akan mempengaruhi hormon oksitosin atau hormon cinta, sehingga membuat ASI tidak mengalir lancar. Apabila hormon ini terhambat, maka akan mempengaruhi hormon prolaktin atau hormon yang memproduksi ASI. Jika ASI yang dikeluarkan tidak dapat mengalir dengan  lancar, maka akan terjadi sumbatan, sehingga payudara akan bengkak, bila tidak segera ditangani dengan baik maka akan timbul infeksi.
Dengan ibu sering menyusui bayi dan mengeluarkan ASI (baik dengan tangan atau pompa), maka produksi ASI pun akan berlimpah. Karena jumlah ASI yang di pasok sesuai dengan ASI yang dikeluarkan. Pemberian susu formula tidak disarankan untuk bayi dibawah 6 bulan, karena sistem pencernaan bayi masih sensitif. Saat ibu rileks dan tidak cemas, aliran ASI akan mengalir lancar. Untuk membantu ibu agar rileks bisa dengan melakukan pemijatan daerah tengkuk dan punggung (pijat oksitosin).
a.    Pengertian
Pijat oksitosin adalah tindakan yang dilakukan oleh keluarga terutama oleh suami pada ibu menyusui yang berupa back massage pada punggung ibu untuk meningkatkan hormon oksitosin. Kerja hormon oksitosin sangat dipengaruhi perasaan dan pikiran ibu. Dengan demikian agar proses menyusui bisa berjalan dengan lancar, maka ibu harus dalam keadaan tenang, nyaman, dan senang saat menyusui. Apabila ibu dalam keadaan stres, maka refleks turunnya air susu ibu dapat terhalang (Widuri, 2013).
b.    Tujuan
Tujuan dari pijat oksitosin adalah untuk menjaga atau memperlancar ASI dan mencegah terjadinya infeksi. Indikasi pijat oksitosin yaitu ibu yang mempunyai bayi dan memberikan ASI secara ekslusif (Marmi, 2012).
c.    Cara Pijat Oksitosin
Menurut Marmi (2012) prosedur atau cara melakukan pijat oksitosin:
1)        Alat-alatnya meliputi: kursi, meja, minyak kelapa, BH khusus untuk menyusui dan handuk.
2)        Pelaksanaan:
a)    Lakukan cuci tangan
b)   Menstimulasi puting susu: menarik puting susu dengan pelan-pelan memutar puting susu dengan perlahan dengan jari-jari
c)    Mengurut atau mengusap ringan payudara dengan ringan dengan menggunakan ujung jari
d)   Ibu duduk, berstandar ke depan, melipat lengan di atas meja di depannya dan meletakkan kepalanya di atas lengannya. Payudara tergantung lepas, tanpa baju dibentangkan di atas pangkuan pasien. Perawat menggosok kedua sisi tulang belakang, dengan menggunakn kepalan tinju kedua tangan dan ibu jari menghadap kearah atas atau depan. Perawat mneekan dengan kuat, membentuk gerakan lingkaran kecil dengan kedua ibu jarinya. Perawat menggosok ke arah bawah kedua sisi tulang belakang, pada saat yang sama, dari leher kearah tulang belikat, selama 2 atau 3 menit.

Gambar terkait
Gambar: Pijat Oksitosin

Referensi :

Marmi. (2012). ASI Saja Mama, Berikan Aku ASI Karena Aku Bukan Anak Sapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widuri, H. (2013). Cara Mengolah Asi Ekslusif Bagi Ibu Bekerja. Yogyakarta: Gosyen Publishing


Selamat pagi, 
Salam sehat, semoga dapat membantu dan maaf apabila ada kesalahan, baik dalam penulisan dan kutipan. Mohon kritik dan sarannya, berikut beberapa video dari youtube tentang pijat laktasi, semoga bermanfaat .
Terimakasih ^_^.. 


BP UNISA




dr. oz indonesia 

D4 UMT


Nah kalau ini breascare dari poltekkes TJK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KIAT ASI LANCAR

DETEKSI DINI KEHAMILAN, PERSALINAN DAN NIFAS

KB- AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim)

Kontak

Nama

Email *

Pesan *